cara memperbaiki mesin cuci berisik

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Berisik

Salah satu kerusakan yang terjadi pada mesin cuci adalah mesin cuci bunyi mendengung/berisik. Saya akan memberikan sedikit pengetahuan untuk anda mengenai penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci berisik.

1. Kerusakan Bearing
Ketika mesin cuci diputar pada mode spin, tabung yang tertaut pada bearing akan ikut berputar dan tabung dapat berputar secara bebas hingga nol resistansi. Bila bearing ini terkikis, suara yang amat berisik akan terdengar saat mesin berputar. Cara yang paling mudah untuk mengenali kerusakan adalah bila bunyinya makin lama makin keras saat kita gunakan terus menerus. Hal ini berarti bearing mesin pengering anda makin terkikis dan mengarah ke kerusakan yang fatal. Bearing di dalam mesin cuci berbentuk lingkaran logam yang diisi dengan bola logam kecil didalamnya. Bola logam kecil ini duduk dalam sebuah trak dan bergerak saat mesin cuci berputar. Bila bearing mulai terkikis, biasanya bola kecil didalamnya akan jatuh satu persatu dan membuat suara yang kita dengar. ( Bila mesin cuci anda adalah bukaan depan, buka pintu dan coba putar tabungnya. Bila anda mendengar suara yang tidak merata atau suara seperti terkikis, silahkan ganti bearing anda)
Bearing yang berbunyi dapat juga karena kehabisan pelumas. Bila suara yang terdengar lebih seperti suara mendecit ketimbang suara tergerus, hal ini mungkin berarti bahwa bearing membutuhkan pelumas. Bila suara yang terdengar lebih pada suara tergerus, maka ini mungkin bahwa bearingnya terlepas atau rusak dan harus diganti segera. Terkadang, pemilik laundry memaksakan penggunaan mesin cuci yang berakibat pada kerusakan body tabung dan akan membutuhkan biaya yang lebih besar untuk penggantiannya.

2. Kerusakan pada pully
Mesin cuci yang berisik dapat disebabkan juga oleh pully yang rusak. Pully adalah bagian yang menempel pada dynamo mesin cuci dan menarik tabung untuk ikut berputar. Pully terbuat dari plastic atau logam. Pully ini dapat dengan mudah terkikis atau lepas. Harga pully hamper sama dengan bearing, namun penggantiannya dapat dilakukan lebih mudah ketimbang penggantian bearing.

3. Drain pump yang rusak
Drain pump di mesin cuci adalah bagian yang berfungsi untuk mengeluarkan air. Alat ini kadang tersumbat atau rusak. Bila suara berisik yang muncul terjadi pada selang waktu tertentu saat proses spin, kemungkinan penyebabnya adalah drain pump. Biasanya hal ini dapat diperbaiki dengan mengganti drain pump atau membersihkan bahan-bahan yang menyumbat drainpump.

4. Shock (untuk mesin bukaan depan) atau Spring (untuk mesin bukaan atas)
Mesin cuci bukaan depan menggunakan shock absorbers di tengah tabung yang menjaga putaran saat tabung berputar. Shock ini menghubungkan penutup tabung bagian luar ke tabung. Bila shock absorbers di mesin bukaan depan anda lemah, mesin cuci anda dapat mengeluarkan suara yang sangat berisik.
Untuk mesin pengering bukaan atas, spring atau dampening strap digunakan untuk menjaga posisi tabung di tengah. Bila spring atau per ini lepas atau lemah, suara yang amat berisik akan terdengar

Jika anda membutuhkan spesialis jasa service/perbaikan mesin cuci segera hubungi disini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *