Exif_JPEG_420

Penyebab Mesin Cuci Nyetrum

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna mesin cuci 1 tabung atau mesin cuci 2 tabung adalah “nyetrum“. Sebenarnya bukan menyetrum dari aliran listrik langsung dari instalasi, tetapi bisa nyetrum karena akibat tidak ada grounding pada mesin cucinya. Sebenarnya setruman induksi seperti ini tidak berbahaya, karena sentakan arusnya hanya membuat kaget saja.
Baca juga: penyebab kerusakan pada mesin cuci

Salah satu faktor yang membuat arus ini menyentak adalah karena saat tangan kita memasukkan/mengambil pakaian dengan perlahan. Padahal kalau menyentuhnya harus dengan gerakan cepat/gerakan langsung spontan supaya tidakan mengalami sentakan ini. Namun rata-rata dengan adanya hal ini, rata-rata pengguna mesin cuci merasa trauma karena efek nyetrumnya, jadi tidak berani mengambil resiko meski kesetrum arus induksinya kecil.

Salah satu penyebab mesin cuci bisa menyetrum karena body mesin cuci tidak dipasang Grounding. Apa sih grounding itu? Grounding adalah pentanahan, maksudnya body mesin cuci harus dihubungkan ke bumi. Tujuannya mengapa body mesin cuci harus dihubungkan ke bumi, agar mesin cuci aman dari kerusakan akibat petir dan membuang tegangan induksi dari dinamo.

Sebenarnya yang di grounding bukan hanya mesin cuci saja, tetapi semua barang electronikpun seharusnya di grounding. Pihak pabrik sebenarnya telah menyediakan posisi untuk peng-grounding-an,untuk mesin cuci peng-grounding-an dapat dilakukan cukup dengan mencolok steker pada stop kontak. Ini tentu saja jika instalasi listrik rumah telah menyediakan jalur ground di instalasinya. Biasanya grounding telah tersedia pada steker yang berisi 3 kabel,seperti steker ini;

steker-listrik-ground

Masalahnya,kadang pengguna menggunakan stopkontak fleksibel(kabel rol),yang kebanyakan tidak memperhatikan jalur grounding.

Lalu bagaimana jika steker mesin cuci hanya 2 kabel? Jika mesin cuci menggunakan steker dengan 2 kabel,groundingnya disiapkan pada baut/mur dibelakang mesin bagian bawah. Cara memasang groundingnya,cukup lilitkan ujung kabel ke baut dan dikencangkan,lalu ujung satunya lagi dihubungkan ke grounding instalasi listrik,atau bisa juga ditanam di tanah(ground).

Bagaimana cara menanam kabel di tanah?
Pertama siapkan besi panjang +/- 1 meter, lilitkan kabel ground sekeliling besi, lalu tanam kedalam tanah. Tanah yang akan ditanami kabel ini dianjurkan yang dilewati aliran air,seperti saluran pembuangan air kotor. Tujuannya agar pembuangan arus “nakal” dari dinamo dapat terserap sempurna ke dalam bumi. Kalau tidak ada besi,pakai saja paku ukuran 12 cm.

Lalu bagaimana kalau mesin cuci berada di lantai atas?
Biasanya penempatan mesin cuci dekat dengan sumber air atau kamar mandi,maka grounding dapat ditanam di lubang pembuangan air. Jika merasa khawatir dengan efek setrum(meski tidak ada,karena tegangan induksi akan langsung menyerap ke bumi),sebaiknya perbaiki instalasi,dengan menambahkan kabel untuk jalur grounding pada stop kontak.

Kalau memasang jalur grounding terlalu ribet,bisa dengan cara lain yaitu menggunakan steker seperti ini;

Saklar-600x600
Dengan menggunakan steker seperti diatas,setiap kali akan meletakkan atau mengambil pakaian,matikan saja saklar yang terdapat pada steker,dijamin aman dari “nyetrum”.

Nah.. itu dia penyebab mesin cuci nyetrum dan tentunya saya juga sudah memberikan solusinya. Semoga bermanfaat untuk anda dan jangan lupa di praktikumkan ya.

Bila butuh jasa service mesin cuci nyetrum segera hubungi Anugerah Teknik Abadi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *