233133_93ac1d66-4c55-11e4-869e-b2c32523fab8

Cara Kerja Timer Mesin Cuci

Pada pembahasan kita kali ini, saya akan membahas mengenai sebuah alat listrik yang berfungsi menghubung dan memutuskan arus listrik sesuai waktu Yaitu Timer. Pada umumnya, sebuah timer hanya mampu mengatur satu waktu dan merubahnya satu gerakan dalam satu waktu tersebut. Misalnya pada Timer Delay Relay (TDR), serta Timer lainnya. Berbeda dengan itu, Timer pada mesin cuci dapat bekerja  terus menerus mengalihkan antara dua kontak hubung dalam frekuensi waktu tertentu. Selain dari pada itu, Timer pada mesin cuci tepatnya wash Timer bisa berhenti bekerja bila Rotary pembuangan air diputarkan.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana bisa seperti itu?
Yang jelas, ketika anda telah memahami Prinsip kerja dari Timer mesin cuci tepatnya mesin cuci manual atau dua tabung ini, anda akan dapat memperbaiki berbagai gejala pada mesin cuci dua tabung khusunya kerusakan pada bagian kendali yaitu timer sendiri.

Timer sebagai pengendali?
Yah sebuah timer adalah pengendali dari mesin cuci
Sebuah timer dapat mengatur lama proses pencucian dilakukan.
Sebuah Timer dapat membolak balik putaran motor
Sebuah timer dapat menghentikan putaran motor

Lalu bagaimana cara kerja sebuah timer sehingga dapat mengatur kerja dari mesin cuci?
Anda tentunya sudah mengetahui sebelumnya, bahwa mesin pencuci dapat berputar kekiri dan kekanan, dalam bahasa inggrisnya Forward Reverse atau bolak balik. Untuk membolak balik putaran mesin cuci, Anda harus mengatur putaran motor agar dapat berputar bolak balik. Dan untuk mengatur putaran motor, anda harus mampu memahami rangkaian arus listrik yag memicu sebuah motor listrik itu dapat berputar bolak balik.

Berikut cara kerja motor agar dapat bekerja dengan dua arah putaran
dua-arah-putaran-1-fasa
Gambar diatas menjelaskan bahwa sebuah motor listrik dapat berputar kekiri dan kekanan, atau bolak balik bila sebuah saklar tukar mengubah suplay arus pada motor dan kapasitor. Sehingga membuat arah putaran menjadi berdeda.

Mau tahu kenapa putaran motor satu fasa dapat bekerja dua arah putaran?
Akan sangat panjang bila saya jelaskan dari awal dan saya sulit menata bahasa agar lebih mudah dimengerti. Oleh karena itu saya akan mejelaskan intinya saja. Karena pada motor satu fasa terdapat dua kumparan dengan masing masing 4 kutub. Jadi bila dijumlah terdapat 8 kutub. Dua kumparan tersebut tersimpan pada sisi dalam dan sisi luar. Dua kumparan tersebut dapat beralih tugas mejadi kumparan utama dan kumparan bantunya. Bergantian sesuai dengan suplay arus.

Jadi untuk membalikan sebuah putaran motor, sobat dapat mengubah jalur arus listrik dapat mengubah kumparan mana yang akan mejadi kumparan utama dan mana yang akan mejadi kumparan bantu. Putaran utama diberi arus langsung dan kumparan bantu harus melewati kapasitor. Untuk mengubah putaran motor anda tinggal pindahkan jalan arus listrik sebagaimana dijelaskan pada gambar diatas.

Kembali pada permasalah Timer mesin cuci!
Sebagai mana dijelaskan diatas bahwa motor dapat bekerja dengan dua arah putaran bila sobat mengubah jalan arus listriknya. Gambar diatas menggunkan saklar tukar sebagai pembalik putaran.

Pada mesin cuci menggunakan Timer yang secara otomatis membalik putaran motor dalam rentan waktu yang telah ditentukan. Terus menerus sampai waktu yang telah ditentukan tersebut habis dan mesin cuci akan benar-baner stop sendiri.

Loh kalau sama dengan saklar tukar berarti harusnya timer memiliki 3 kabel donk? Kenapa ada yang 6 dan ada juga yang 7 kabel?
Pada intinya kabel utama sebuah timer pencuci hanya ada tiga. Pada umumnya yang berukuran lebih panjang. Ada juga yang 3 atau empat lain yang ukurannya lebih pendek itu berfungsi untuk menghubung dan memutus arus bila mana arus yang terhubung langsung pada Rotary pembuangan air.

Cara memasangnya cukup mudah tanpa harus menyamakan warna. Tapi jika warnanya sama yang lebih mudah. Untuk memasangnya, sobat dapat menghubungkan sumber arus langsung pada bagian kabel timer panjang yang berposisi terpisah diantara kabel panjang lainnya, biasanya terdapat bersama dengan satu kabel pendek. Dan kedua kabel panjang lain bisa anda hubungkan pada kapasitor mesin pencuci. Biasanya keduanya sudah terdapat diatas

Untuk kabel pendeknya?
Kabel pendek berfungsi untuk menghubung dan memutus arus sesuai dengan posisi rotary. Ada juga yang langsung terhubung tanpa harus menyusun kabelnya.
img_20160819_083127Gambar diatas juga mempertegas bahwa kabel kecil hanya untuk terhubung pada bagian Rotary. Tepatnya, gambar diatas menunjukan dua timer, satu untuk membalik putaran motor, satu lagi untuk mengatur frekuensi diantara putaran bolak balik tersebut. Biasanya terdapat pada mesin cuci Merk LG. Jika sobat bingun, sobat tidak perlu menghubungkan kabel-kabel pendek tersebut. Anda dapat menghubungkan ketiganya atau keempatnya sekaligus agar tetap On. Hal tersebut tidak akan mengubah kerja dari mesin cuci, Hanya saja mesin cusi tidak akan dilengkapi perangkat otomatis berhenti ketika akan disurutkan plus aturan jangka waktu putaran.

Bagaimana dengan Timer pengering?
Untuk timer pengering pada mesin cuci dua tabung sangat simple, bisa dilihat dari jumlah kabelnya yaitu hanya dua buah saja dengan kata lain, Timer pengering hanya mampu berputar satu arah saja. Tapi, meskipun lebih simpel, pemasangan sebuah Timer pengering tidak boleh asal-asalan. Karena, sebelum pemasangan kabel pada sumber listrik, arus tersebut harus lebih dahulu melewati switch pengaman yang terhubung langsung pada Pintu pengering pakaian. Dimana ketika pintu terbuka, akan secara otomatis memutus arus listrik pada motor listrik pengering mesikipun timer pengering masih bekerja. Dan akan kembali berputar bila pintu tertutup.

Simak gambarnya
mesin-cuci-pengaman

Cara memeriksa Timer pencuci pakaian masih bagus atau sudah rusak
Ada dua cara pemeriksaan yang dapat sobat lakukan, yang pertama dengan menggunakan test secara langsung, yang kedua dengan menggunkan alat ukur AVO meter.  Untuk cara pertama mudah sekali dilakukan, namun membutuhkan waktu yang lebih lama.
Untuk cara kedua, sobat dapat lakukan tanpa ada mesin cuci yang akan dipraktekan, yang terpenting ada Timer dan AVOmeter yang masih bagus

Caranya
1. Arahkan selektor switch Avometer kearah Ohm meter untuk mengukur sambungan penghantar
2. Lakukan kalibrasi antara jarum min dan plus (jika avomter bagus akan terjadi gerakan jarum penunjuk dilayar avometer)
3. Hubungkan salah satu jarum pada bagian kabel masuk arus, tepatnya kabel panjang yang jauh dari kabel panjang lain.
4. Hubungkan salah satu jarum ke salah satu kabel panjang sisanya
5. Putarkan timer menggunakan tang atau rotary
6. Tunggu beberapa detik hingga terdengar suara perhantian roda gigi pada timer
7. Apa yang terjadi?
8. Tidak terjadi kalibrasi avometer bukan
9. Tentu. Karena sobat harus mengatur penghubungan kabel pendeknya
10. Lihat gambar
timer-mesin-cuci
11. Sambungkan kabel pendeknya
12. Silahkan coba lagi
13. Putarkan Timer
14. Tunggu beberapa detik hingga terjadi perpindahan roda gigi pada timer
15. Apa jarum penujuk pada layar avometer berkalibrasi dan terputus kembali beberpa detik?
16. Coba pindakan jarum avometer padai kabel panjang yang sebelahnya
17. Jika terjadi hal yang sama ketika dengan pengecekan sebelumnya, berarti timer tersebut dalam keadaan baik dan layak digunakan
18. Untuk mengetahui jarak perpindahan waktu dari kabel pendek, sobat dapat mengetahuinya dengan memindahkan sambungan kabel pendek tersebut.

Demikian penjelasan cara kerja timer mesin cuci dari servicemesincucisidoarjo.com semoga bermanfaat untuk anda. Bila membutuhkan teknisi service mesin cuci segera hubungi kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *