Penyebab Dan Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Berputar

Mesin cuci tidak mau berputar merupakan salah satu masalah umum yang sering dijumpai pada saat mencuci dengan menggunakan mesin cuci. Masalah ini sering muncul pada mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung. Ada banyak penyebab masalah mesin cuci tidak berputar ataupun putarannya lemah. Salah satu penyebab yang sering terjadi ketika mesin cuci tidak berputar adalah beban dalam mesin cuci terlalu banyak atau melebihi kapasitas maksimum mesin cuci. Jika mesin cuci tidak berputar karena hal ini, maka segera kurangi pakaian yang akan dicuci dengan menggunakan mesin cuci.

Namin jika anda, sudah mengurangi pakaian yang akan dicuci dan mesin cuci tetap tidak mau berputar, berarti ada masalah lain pada mesin cuci anda. Masalah mesin cuci tidak berputar bisa terjadi karena banyak hal. Nah, berikut akan dijelaskan apa saja penyebab dan cara memperbaiki mesin cuci yang tidak bisa berputar atau putarannya lemah :
1. Karet Vanbelt Longgar
Sala satu penyebab mesin cuci tidak mau berputar atau putaran dari mesin cuci lemah tidak seperti biasanya adalah karet vanbelt longgar. Anda bisa cek langsung karet vanbelt pada bagian mesin, jika memang longgar lakukanlah penyetelan ulang dengan cara menggeser dinamo. Namun jika vanbelt sudah terlalu longgar sebaiknya ganti saja dengan yang baru. Anda bisa mendapatkan vanbelt ini dengan harga yang cukup terjangkau. Namun perlu anda ingat, jangan terlalu menyetel vanbelt terlalu kencang. Hal ini dikarenakan vanbelt yang terlalu kencang bisa merusak gearbox.

2. Timer Rusak
Penyebab mesin cuci tidak mau berputar yang lainnya adalah timer pada mesin cuci rusak. Biasanya jika timer mesin cuci rusak maka mesin cuci tidak berputar atau hanya berputar satu arah saja. Kerusakan pada timer ini bisa disebabkan karena putusnya kabel. Oleh sebab itu, jika mesin cuci tidak berputar atau hanya berputar satu arah saja cek pada bagian switch selector, apakah ada kabel yang putus atau tidak.

3. As macet
Mesin cuci yang tidak mau berputar juga bisa disebabkan oleh as yang macet. As ini termasuk salah satu komponen yang sangat penting. Biasanya mesin cuci yang tidak berputar mengalami kerusakan pada dinamo. Kerusakan ringan yang sering dialami dinamo adalah kotor atau tersumbat. Jika hal ini terjadi, maka segera bersihkan dinamo. Namun jika sudah dibersihkan tetap saja tidak berputar, mungkin saja ada kapasitor yang putar dan harus disambung.

Mesin cuci tidak mau berputar bisa disebabkan oleh banyak hal. Anda harus mengenali penyebab dan cara memperbaikinya. Dengan demikian, jika terjadi masalah ringan pada mesin cuci bisa anda tangani sendiri tanpa harus memanggil teknisi mesin cuci. Selain mesin cuci yang tidak mau berputar, masalah lainnya yang sering dialami pada mesin cuci adalah air pembuangan yang tidak mau keluar. Jika hal ini terjadi, maka periksalah pada selang pembuangannya mungkin saja ada kotoran yang menyumbat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *