Exif_JPEG_420

Cara Membersihkan Mesin Cuci

Kotoran yang menumpuk hasil dari proses pencucian pakaian, apabila tidak dibersihkan secara rutin, akan menambah beban kerja mesin dan akhirnya membuat hasil cucian tidak bersih. Selain itu, di dalam mesin cuci sudah pasti akan menumpuk deposit air kotor hasil cucian, bahan kimia, mineral, serta sabun atau detergen yang terakumulasi setiap harinya.

Supaya tetap awet dan maksimal umur pakainya, mesin cuci perlu dirawat dengan tepat. Tetapi, apakah tidak diperlukan petugas khusus atau tenaga ahli untuk membersihkan/merawat mesin cuci? Tidak selalu. Perawatan harian yang ringan bisa Anda lakukan sendiri. Berikut beberapa hal yang dianjurkan untuk merawat mesin cuci Anda agar kualitasnya tetap terjaga.

MEMBERSIHKAN KABINET, KARET PINTU, DAN PINTU MESIN CUCI
Bersihkan kabinet mesin cuci secara berkala menggunakan kain lembut yang telah dibasahi, lalu keringkan dengan kain yang halus. Jangan lupa membersihkan bagian karet pintu dan pintu mesin cuci setiap kali selesai mencuci dengan kain yang lembut. Untuk mencegah bau tak sedap pada mesin cuci biarkan pintu mesin cuci sedikit terbuka agar udara bersikulasi di dalam tabung. Cara ini sekaligus membantu mencegah pertumbuhan bakteri di dalam tabung.

MEMBERSIHKAN LACI DETERGEN SECARA BERKALA
Untuk membersihkan laci dari sisa-sisa bubuk detergen, keluarkan laci dari tempatnya. Caranya, tekan pengaitnya lalu tarik laci secara bersamaan dari tempatnya. Tariklah dengan kuat supaya laci bisa melewati stopper. Selanjutnya, bersihkan laci di bawah keran yang mengalir, lalu lap menggunakan kain kering.

MENGOSONGKAN AIR SECARA DARURAT
Apabila mesin cuci tidak bisa bekerja secara normal atau listrik tiba-tiba padam saat mesin cuci sedang bekerja sementara masih terdapat sisa air di dalam tabung mesin cuci, maka langkah-langkah utnuk mengosongkan sisa air tersebut adalah sebagai berikut:
1. Matikan keran air dan putar tombol “Cycle” ke posisi “off”. Tunggu hingga air di dalam mesin cuci menjadi dingin. Sementara menunggu air dingin, siapkan wadah penampung air.
2. Buka penutup filter, kemudian putar penutup selang pengering air, lalu tarik selang pengering air.
3. Lepaskan penutup selang pengering air, kemudian letakkan selang air ke dalam wadah penampung dan biarkan air mengalir secara alami.

MEMBERSIHKAN PUMP FILTER
Bersihkan pump filter secara berkala. Pastikan mesin cuci dalam keadaan kosong dan tidak terdapat air di dalam tabung, serta arus listrik telah terputus saat hendak membesihkannya. Adapun langkah-langkah pengerjaannya adalah sebagai berikut:
1. Letakkan wadah atau kain dibawah penutup filter untuk menampung sisa air pembuangan.
2. Keluarkan filter dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam dan tarik keluar
3. Bila filter dengan meletakkannya dibawah air yang mengalir. Pastikan partikel-partikel yang ada di dalam filter telah terangkat semua.
4. Setelah dipastikan bersih, pasang kembali filter ke tempatnya semula dengan cara memutarnya searah jarum jam sampai mengunci pada posisi semua.

MEMBERSIHKAN FILTER PEMASUKAN AIR
Bersihkan filter pemasukan air secara berkala atau apabila waktu pengisian air sudah terlalu lama, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Tutup keran air lalu lepaskan selang pemasukan air dengan memutarnya berlawanan arah putaran jarum jam
2. Bersihkan filter pada bagian belakang mesin cuci dengan sikat yang lembut, lalu bilas dengan air bersih
3. Pasang kembali selang pemasukan air seperti semula

Itulah hal-hal yang diperhatikan bagaimana cara membersihkan mesin cuci yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan mesin cuci anda semakin bersih.

Satu pemikiran pada “Cara Membersihkan Mesin Cuci”

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *