IMG_20160128_132114

Cara Memperbaiki Mesin Cuci di Rumah Sendiri

Mesin cuci di rumah merupakan perabotan yang paling berguna di rumah kita perangkat rumah tangga arena bisa membuat pekerjaan mencuci menjadi jauh lebih ringan bagi kita . Jika mesin cuci tidak bekerja dengan baik, Anda tahu cara memperbaiki mesin cuci yang sederhana. Ada langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mesin cuci yang bermasalah di rumah sebelum memanggil jasa servis mesin cuci profesional.

Berikut panduan dari Cara Memperbaiki Mesin Cuci di Rumah Sendiri dengan beberapa contoh sederhana cara memperbaiki mesin cuci. Langkah-langkah ini dapat membantu Anda mencari tahu masalah dan memberi lebih banyak waktu buat anda.

1. Langkah Pertama Perbaikan Mesin Cuci :  

Periksa Bagian Luarnya Sebagian besar masalah umumnya disebabkan oleh hal yang sederhana.
Sebagai contoh, jika mesin cuci Anda tidak menyala, berikut beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

Pertama-tama, periksa apakah kabel listrik telah terpasang dengan benar. Anda harus melihat ke bagian belakang mesin dan melihat apakah ada bagian kabel yang rusak atau terbuka.
Periksa katup sumber air untuk memastikan bagian ini terhubung dan terbuka, perhatikan juga selang tidak terlilit atau tertekuk.
Jika mesin cuci masih tidak dapat beroperasi, lihat ke bagian pintu mesin. Mesin cuci modern didisain untuk tidak bisa dijalankan jika pintu dalam keadaan terbuka atau tidak sepenuhnya tertutup rapat.
Lihat buku panduan dan periksa apakah Anda sudah menjalankan program cucian yang sesuai.

Hal-hal sederhana ini sangat besar dampaknya namun sangat mudah diatasinya.Masalah lain yang umum terjadi adalah terjadinya kebocoran air.

1. Periksa mesin Anda secara menyeluruh untuk mengetahui sumber kebocoran.
2. Perhatikan bagian karet sekitar pintu tabung mesin cuci dan sambungan selang di bagian belakang.
3. Jika karet rusak atau longgar, mungkin perlu diganti; selang yang longgar bisa dikencangkan.

2. Langkah Kedua Memperbaiki Mesin Cuci :        

Anda mungkin berpikir, membersihkan mesin cuci bukan bagian dari perbaikan, namun jika Anda sudah lama belum membersihkan mesin cuci, perlu diketahui bahwa hal tersebut dalam membuat perbedaan yang cukup besar dalam pengoperasian mesin cuci .
Untuk perawatan dasar, bersihkan pintu dan tabung mesin cuci. Jika dibiarkan, sabun cuci dapat mengendap di sana dan menyebabkan pakaian anda tidak terbilas secara maksimal. Setelah mencuci pakaian Anda, biarkan pintu mesin cuci terbuka dan biarkan tabung mengering secara alami untuk mencegah timbulnya jamur.

3 .Langkah Ketiga untuk Memperbaiki Mesin Cuci :    

Mengganti atau Memperbaiki Suku Cadang Mesin cuci pada umumnya terbuat dari banyak bagian-bagian atau suku cadang yang dapat dilepas, yang sangat mungkin untuk rusak atau aus selama pemakaian. Jika pembersihan secara menyeluruh tidak menyelesaikan masalah Anda, mungkin saatnya mengganti bagian yang rusak. Berikut beberapa suku cadang mesin cuci yang mungkin perlu diganti, beserta penjelasan kegunaan masing-masing:                       ** Pompa air (mengisi dan menguras tabung).
** Sabuk pemutar mesin cuci (menjalankan motor, sabuk yang sudah aus akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras terutama saat mesin cuci dijalankan).
** Katup air masuk (mengatur suhu air dan pengisian tabung).
** Timer / penghitung waktu (mengatur pengisian, lamanya putaran, dan program pencucian).
** Panduan mendasar perbaikan mesin cuci ini tidak akan menjelaskan secara detil cara memperbaiki atau mengganti suku cadang tersebut. Untuk itu, serahkan pada ahlinya! Diharapkan dua langkah awal ini sudah cukup menyelesaikan masalah Anda. Jadi, jika Anda ingin memperbaiki mesin cuci di rumah, jangan khawatir karena tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *