Pengertian dan Fungsi Gearbox Mesin Cuci

Selamat pagi , hari ini saya akan membagikan artikel tentang pengertian dan fungsi gearbox mesin cuci .  Gearbox adalah merupakan sebuah komponen mesin cuci yang memiliki fungsi sebagai pemindah tenaga dari tenaga penggerak atau disebut juga dinamo motor elektrik ke arah mesin yang akan digerakkan disebut Agitator/ pulsator untuk membuat pusaran air pada penggilas pakaian.

Saat ini banyak orang menggunakan mesin cuci untuk memperingan aktivitas mencuci baju dan lebih mengefesienkan waktu untuk melakukan pekerjaan lainnya . Selain fungsi diatas ada fungsi lainnya dari gearbox , yaitu :

1. Fungsi gearbox yang utama adalah memperlambat kecepatan putaran yang   dihasilkan dari perputaran dinamo motor yang ada didalam mesin cuci saat mesin cuci dioperasikan
2. Sebagai penguat tenaga putaran yang dihasilakan dari dinamo motor .

Coba bayangkan saja jika motor langsung dihubungkan ke agitator / pulsator tanpa gearbox , pakaian bisa rusak pada saat mencuci karena putaran agitator / pulsator terlalu cepat . Jadi fungsi lainnya dari gearbox pada mesin cuci adalah untuk menggerakkan agitator/pulsator yang membentuk pusaran air dan menggilas pakaian serta memperlambat kecepatan putaran pada motor juga merupakan fungsi utama gearbox . Gearbox  disebut juga “speed reducer”.

Selain disebut speed reducer fungsi lain alat ini untuk memperkuat daya dan tenaga agar motor lebih awet serta beban lebih ringan . Sedangkan untuk gearbox mesin cuci top loading dilengkapi dengan tuas rem dan kanvas rem sebagai penghenti proses pengeringan dan sebagai pembagi putaran agitator / pulsator (wash) dan putaran tabung (spin),  saat tuas ditarik as gearbox akan terikat oleh PER as dan memutar tabung , apabila tuas tidak ditarik maka putaran as hanya menggerakkan agitator/ pulsator . Diatas merupakan sedikit penjelasan tentang fungsi dan pengertian gearbox mesin cuci . Silahkan dibaca dan semoga bermanfaat .

2 pemikiran pada “Pengertian dan Fungsi Gearbox Mesin Cuci”

  1. Bagaimana cara melepas as pulsator pada mesin cuci Sharp top loading data tabung,,mengingat yg rusak biasanya adalah pada bearingny saja..sementara ..untuk melepas bearing…harus melepas dudukan pulsator .dari as pulsator..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *