gb . bearing MC

Pengertian Bearing Dan Fungsi Bearing Mesin Cuci

Selamat pagi , pembaca setia artikel kami hari ini saya akan membagikan artikel mengenai bagian-bagian bearing dan fungsinya dari bearing tersebut . Ada beberapa orang yang belum mengetahui apa yang disebut dengan bearing , saya akan menjelaskan apa yang disebut bearing .

Bearing adalah alat yang memungkinkan terjadinya pergerakan relatif antara dua bagian dari alat atau mesin , biasanya gerakan angular atau linear . Dengan adanya bearing , ergerakan antar dua bagian tersebut menjadi sangat minim dibandingkan digunakan tanpa bearing . Letak bearing pada mesin cuci bisa dimana saja tergantung pada alat /mesin yang digunakan sesuai jenisnya , salah satu jenis bearing adalah bearing freewheel.

Beberapa fungsi bearing (bantalan) adalah :
–  Pertama , fungsinya untuk mengurangi koefisien gesekan as dan tempatnya
–  Kedua , menghindari as dan tempatnya  tidak aus karena tidak bergesekan, melainkan langsung melalui bearing
–  Ketiga  ,  memudahkan manintenance peralatan yang berputar
–  Keempat , biaya untuk pembuatan as lebih murah
–  Kelima , menjadikan alat yang berputar heavy duty dan mempersingkat waktu .

Selain fungsinya , saya juga akan berikan bagaimana cara pemasangan bearing (bantalan )
1. Persiapan sebelum pemasangan bearing (bantalan).
Permukaan tempat dudukan bearing, yang harus dilakukan pertama kali bersihkan tonjolan tajam (burrs), serpihan metal (cuttingchips) , karat (rust ) atau kotoran debu (dirt) dari permukaan tempat dudukan bearing . Pemasangan dapat dilakukan dengan mudah jika permukaan yang sudah bersih lalu dilapisi dengan sedikit oli .
2. Siapkan peralatan untuk memasang bearing
Pastikan bahwa semua pressing blocks , driving plates , hammer (palu) , dan peralatan pemasangan bearing yang lainnya dalam kondisi bersih , bebas dari tonjolan (burrs) dan ukuran beraring harus benar .
3.  Bearing jangan dibuka terlebih dahulu sebelum bearing tersebut siap dipasang, karena jika anda buka bearing terlebih dahulu akan menyebabkan debu atau kotoran masuk kedalam bearing dan bisa menyebabkan noise dan vibration saat bearing bekerja .
4.  Infomasi paling penting untuk anda , jangan melakukan modifikasi apapun terhadap bearing karena bearing dibuat dengan ketentuan yang sangat ketat untuk memnuhi tingkat akurasi yang tinggi . Sehingga penting sekali untuk memperhatikan secara khusu terhadap hal-hal dalam penanganan bearing .

Diatas adalah pengertian , fungsi dan bagaimana cara memasang bearing yang benar dengan langkah-langkah pemasangan bearing yang benar . Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang ingin memasang bearing mesin cuci , silahkan dibaca .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *